Register Login
Museum 10 November Akan Diisi Koleksi Peninggalan Mayjen Soengkono
Sabtu, 2 November 2013 10:42
ilustrasi (ist)

108CSR.com - Museum 10 November Surabaya, Jawa Timur, bakal memiliki koleksi baru benda-benda bersejarah. Koleksi terbaru itu adalah dokumen dan benda-benda milik Komandan Badan Keamanan Rakyat (BKR) Kota Surabaya, (Alm) Mayor Jenderal Soengkono.


Benda-benda bersejarah yang diserahkan oleh anak-anak Mayjen Soengkono kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini itu, akan diletakkan di ruang Hall of Fame Museum 10 November, Surabaya.


Menurut Sub Unit Konservasi dan Preparasi Monument Tugu Pahlawan dan Museum 10 November, MT Agustiono, ada 26 dokumen dan benda bersejarah milik Mayjen Soengkono yang diserahkan ke Pemkot Surabaya. Beberapa barang milik Mayjen Soengkono yang akan menjadi koleksi museum itu di antaranya tanda anggota BKR dan sebagai Komandan BKR Kota Surabaya, tanda anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Jenderal Soedirman sebagai panglima Divisi I/Gubernur Militer Jawa Timur, kata pengantar bentuk tulisan tangan dari Pak Kono sebagai bekas Komandan BKR Surabaya, surat tanda jasa sebagai pahlawan dari Presiden Soekarno tertanggal 10 November 1945, piagam tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Soekarno, serta bintang Mahaputra Adipradana.


Selain itu, ada juga dua buah tongkat komando, sepasang sarung dan kemeja hitam bekas pakaian pada waktu memimpin gerilya, dua baju dinas terakhir sebelum Mayjen. Sungkono purnabakti (lengkap dengan tanda pangkat), dan bendera resimen Djoko Tole dari Divisi Narotama tahun 1946.


"Rencananya nanti, benda-benda ini akan diletakkan di ruang bawah area Hall of Fame Museum 10 Nopember," kata Agustiono.


Andijani mengaku miris dengan apa yang terjadi saat ini. Semangat nasionalisme terus memudar. Dia mengatakan semangat nasionalisme sekarang berbeda jauh dengan apa yang dirasakannya dulu.


"Apakah karena muatan kebangsaan di sekolah yang kurang? Ini yang menjadi pekerjaan rumah kita semua, agar bisa membangkitkan kembali rasa nasionalisme kebangsaan," ujar Arijani.


Sementara Tri Rismaharini memberi penghargaan kepada keluarga besar Mayjen Soengkono atas penyerahan dokumen dan benda koleksi bersejarah tersebut kepada Pemkot Surabaya.


"Atas nama warga Surabaya, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya . Ini penting supaya anak cucu kita tahu. Kalau tidak, nanti susah kalau kita cerita ke cucu-cucu kita," kata Tri.


Tri berharap dengan bertambahnya koleksi benda-benda bersejarah di Museum 10 November, akan semakin memotivasi warganya, khususnya generasi muda untuk berkunjung ke museum. Sebab, dengan berkunjung ke museum orang akan mengingat kembali sejarah yang pernah terjadi.


(ard/int)


Komentar (5)
gohan mlx
bagus deh kalo gitu

Na Raya
Lumayan nambah koleksi

Melania L
semoga bisa dilestarikan

Dimas Rahmat
bagus deh xlo begitu

Retnowati aswati
Sip deh jadi lebih lengkap dong ya

Untuk mengomentari berita ini Anda harus login terlebih dahulu. klik di sini untuk login komentar.

CSR event

30 Oct 2014 - 30 Oct 2014
Donor Darah dibulan Oktober 204

29 Oct 2014 - 31 Oct 2014
Mining and Engineering Exhibition 2014

26 Oct 2014 - 26 Oct 2014
Seminar Nasional Akuntansi 2014



Do You Know?


Nutrisi Penting Labu yang Perlu Anda Diketahui

108CSR.com - Labu dikenal memiliki banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Dagingnya cukup enak denga


Social Network


Mobile Version



© Copyright 108csr.com - All rights reservedmember of my3rabbits.com